Ikatan Desain Grafis Indonesia

Ikatan Desain Grafis Indonesia. Selayaknya pecinta dunia seni digital, maya dan visual ini harus dipublikasikan dengan benar. Melalui sebuah media penyatuan, kita bentuk satu kepercayaan antar sesama Desainer Grafis (Design Graphic). Semoga berkenan!
 
IndeksIndeks  PortalPortal  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  Login  

Share | 
 

 Setting Grid 3DS MAX

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin


Jumlah posting : 15
Join date : 22.09.08
Age : 37
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakarta Barat

PostSubyek: Setting Grid 3DS MAX   Tue 23 Sep 2008, 20:38

Grid merupakan salah satu alat bantu dalam 3ds max 6. Alat bantu yang akan memudahkan kita untuk mengetahui dimensi objek yang tidak memiliki parameter, misalnya saja objek “editable spline, editable mesh, editable poly dan juga objek yang kita import dari AutoCAD. Selain itu juga, grid juga bisa membantu kita dalam membuat objek yang lebih presisi.
Secara default, grid yang sudah disetting oleh 3ds max 6 adalah 10 unit. Namun kadang kita juga perlu untuk memperkecil besar grid tersebut jika kita membuat objek dengan dimensi yang kecil. Untuk melakukan perubahan ukuran grid maka anda cukup tekan "klik kanan" pada mouse anda ketika pointer mouse anda berada pada tombol “snap toggle”.



Ketika anda melakukan hal tersebut maka akan muncul window seperti berikut ini:


Tampilan window Grid and Snap Settings.

Pada window tersebut anda cukup mensetting “snap” dan “Home grid”. “Snap” berfungsi untuk membantu kita dalam membuat objek dengan melakukan beberapa snap atau penguncian titik dalam pembuatan objek. Anda bisa memilih posisi snap sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Untuk memanfaatkan fasilitas tersebut anda cukup menekan tombol “snap toggle” dan menjadikannya aktif.

Misalnya ketika anda mencentang “Grid Points”, maka ketika anda mengarahkan pointer pada bidang kerja maka secara otomatis pointer akan melakukan snap pada posisi grid terdekat. Jika anda mencentang “vertex”, maka ketika anda mengarahkan pointer pada bidang kerja maka secara otomatis pointer akan melakukan snap pada sudut-sudut objek lain yang sudah anda buat sebelumnya pada bidang kerja tersebut.

“Home grid” berfungsi untuk mengatur besaran grid yang akan anda gunakan. Misalnya saja anda bisa mengganti nilai grid spacing menjadi 1 m atau 0.01 m. Nilai 1 m bisa digunakan jika anda sudah terbiasa menggunakan ukuran 1 unit = 1 meter, sedangkan nilai 0.01 unit bisa digunakan bagi mereka yang terbiasa menggunakan ukuran 1 unit = 1 centimeter. settingan tersebut diatas hanya berlaku jika anda mensetting unit, seperti pada tutorial sebelumnya, menggunakan unit meter.

Hal yang perlu diperhatikan adalah grid yang anda lihat pada layout bidang kerja anda. Usahakan untuk melakukan “zoom in” terlebih dahulu sampai grid-grid tersebut tidak terbagi-bagi lagi. Ketika hal tersebut terjadi maka itulah grid dengan satuan unit yang sesuai dengan apa yang anda setting sebelumnya.



Pada saat anda mengaktifkan tombol “snap toggle”, maka ketika anda membuat objek, pointer akan mensnap grid dan berubah berwarna biru muda. itu tandanya perintah snap sudah aktif.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://ikatan-desain-grafis.secretstories.org
 
Setting Grid 3DS MAX
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» DYNOTEST RESULT FOR ALL BRAND SETTING, HERE!!
» setting irit pelampung
» Agar knalpot gahar dan ngebas ,apa ada pengaruhnya sama setting karbu
» (ask)cara setting stationer N250
» Bengkel setting mesin di Semarang

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Ikatan Desain Grafis Indonesia :: Tutorial & Tanya Jawab :: Software 3 Dimensi-
Navigasi: